Drumband

Ekstrakurikuler drumband adalah program di luar kurikulum yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan musik, kedisiplinan, kerjasama tim, serta memupuk rasa kebersamaan di antara siswa-siswi. Di SMP Muhammadiyah Kupang, ekstrakurikuler drumband menjadi pilihan yang populer bagi siswa yang tertarik dengan musik dan ingin belajar bermain alat musik perkusi seperti drum, snare drum, cymbal, dan lainnya.

Dalam kegiatan ekstrakurikuler drumband, siswa-siswi akan diajarkan teknik-teknik dasar bermain alat musik perkusi, seperti teknik memukul, memainkan ritme, serta koordinasi gerakan tangan dan kaki. Mereka juga akan belajar membaca notasi musik dan memahami struktur musik yang dibawakan oleh drumband.

Selain itu, siswa-siswi akan dilatih untuk berpartisipasi dalam berbagai pertunjukan dan kompetisi drumband baik di tingkat sekolah maupun di luar sekolah. Mereka akan belajar untuk berlatih secara teratur, berkoordinasi dengan anggota tim, dan menampilkan penampilan yang memukau di depan publik.

Partisipasi dalam ekstrakurikuler drumband tidak hanya membantu siswa mengembangkan keterampilan musik mereka, tetapi juga membantu mereka meningkatkan kepercayaan diri, disiplin, kerjasama tim, dan kemampuan untuk berkomunikasi. Melalui latihan yang intensif dan kerjasama dalam tim, siswa-siswi juga akan memperoleh pengalaman berharga dalam menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan.

Dengan mengikuti ekstrakurikuler drumband, siswa-siswi diharapkan dapat mengembangkan potensi musik mereka, mengekspresikan kreativitas, serta membangun karakter yang kuat dan positif. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah untuk menjalin persahabatan dan memperluas jaringan sosial di antara siswa-siswi dengan minat yang sama.